Rabu, 07 Februari 2018

Masih Ingat Sumanto”Sang Kanibal”, Kini Ia Bikin Heboh


Purbalingga-kabarjateng.com-Ya, siapa yang tak kenal Sumanto, pria warga Desa Pelumetan Kecamatan Kemangkon Kabupaten Purbalingga Jawa Tengah ini pernah bikin geger lantaran terlibat kasus mencuri dan memakan daging mayat sekitar tahun 2001 lalu, dengan dalih ingin mendapatkan kesaktian, dia menempuh cara yang tidak logis dan tabu.
Aksinya tersebut membuat Sumanto harus mendekam di sel penjara selama 5 tahun lamanya. Tapi, karena berkelakukan baik, pria yang dijuluki “Manusia Kanibal dari Purbalingga” itu akhirnya mendapat remisi dan keluar dari penjara pada tahun 2006. Setelah itu, ia tinggal di Pondok Rehabilitasi Mental An-Nur di Desa Bungkanel, Kecamatan Karanganyar, Purbalingga.
Di tengah proses rehabilitasinya, kabar Sumanto mulai kembali mencuat, mencuatnya sosok fenomenal sumanto bukan karena penyakitnya kambuh, melainkan ia terpilih menjadi sampel kegiatan Pencocokan dan Penelitian (coklit) serentak dalam tahapan Pilgub Jateng 2018.
Pria asal Purbalingga tersebut terpilih menjadi salah satu masyarakat yang dijadikan sampel kegiatan pencocokan dan penelitian (coklit) serentak. Kegiatan ini dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Purbalingga.
Coklit sendiri merupakan salah satu terobosan yang dilakukan KPU dalam pesta demokrasi yang dilaksanakan tahun 2018 ini. Dengan adanya coklit, diharapkan daftar pemilih agar tersusun dengan baik dan berkualitas.
Pemilihan Sumanto menjadi salah satu sampel dari coklit mengasakan jika penyelenggaraan Pilkada tidak memberi perlakukan berbeda kepada sesama warga negara.
Sekarang ini, Sumanto sudah bisa hidup normal, meskipun masih dalam pengawasan pihak Rumah Sakit Mental Bungkanel, Kecamatan Karanganyar Purbalingga milik H Supono Mustajab.
Sementara Ketenaran Sumanto jadi alasan khusus KPU Purbalingga untuk menjadikanya sebagai sampel coklit.
Ketua KPU Purbalingga Sri Wahyuni mengatakan, KPU dengan pertimbangan tersendiri melihat Sumanto selama ini cukup tenar, namanya fenomenal bukan saja di tempat kelahiranya,  namun juga daerah lain, sehingga nama Sumanto dipilih dari satu di antara sampel coklit serentak Purbalingga.(KJ)

Referensi di ambil dari berbagai sumber: https://www.duniaku.net/2018/01/24/kabar-sumanto/ dan http://pekanbaru.tribunnews.com

0 komentar:

Posting Komentar