Kamis, 15 Februari 2018

Gelar Aksi Solidaritas, Karang Taruna Desa Bantu Korban Banjir Brebes


Brebes-kabarjateng.com-Musibah banjir yang melanda wilayah di Kabupaten Brebes yang berdampak pada lumpuhnya ekonomi dan kerugian material,Para aktivis Karang Taruna Brebes tergerak  membentuk solidaritas dan aksi peduli bencana banjir.

Aktivis Karang Taruna Desa mengumpulkan donasi yang berbentuk uang, mie instan, air mineral pakaian layak pakai dan berbagai kebutuhan kesehatan ringan selanjutnya donasi yang terkumpul di koordinasikan dan di salurkan di wilayah kelurahan Limbangan Kulon Brebes (12/2/2018)

Hartono, Ketua Umum Kecamatan Karang Taruna Kecamatan Larangan mengatakan, “Kegiatan ini akan sering dilakukan bukan hanya pada saat ada bencana namun juga sebagai aksi solidaritas yang bersifat reaksi cepat yang bias di aplikasikan ke dalam bentuk RTLH,bantuan stimulant ataupun yang bersifat gotong royong”,kata Hartono.

Dikatakanya, kegiatan serupa sudah diikuti sekitar 10 desa dari beberapa kecamatan, diantaranya di Desa Banjaratma,Siwuluh,Cimohong,Kluwut,Dusun Kaliancol,Desa Wlahar dan lainya.

Sementara Aji, Salah satu Aktivis Karang taruna Kecamatan Bulakamba menambahkan, “Kegiatan nyata yang di lakukan karang taruna sesuai dengan acuan Permensos nomor 77/HUK/tahun 2010.yang di dalamnya menegaskan bahwa karang taruna adalah organisosial yang berbasis desa, dan sudah seyogyanya di apresiasikan di kehidupan masyarakat, apalagi saat ini masyarakat yang terdampak banjir memang betul betul membutuhkan.

Lebih lanjut Aji menambahkan,Berkumpulnya karang taruna ini juga berfungsi sebagai barometer seberapa aktiv dan berswadaya di suatu daerah, terutama di Brebes sendiri.

Dikatakanya," kegiatan karang taruna masihlah minim, hal tersebut karena perhatian Pemerintah baik tingkat desa maupun Kabupaten belum maksimal mendukung dan memperhatikan Karang taruna.

Melalui kegiatan social peduli bencana,selain sebagai pembangkit rasa solidaritas kepedulian dan kebersamaan, di harapkan pula sebagai bentuk ajang pemersatu Karang Taruna di Kabupaten Brebes yang sudah lama vakum". beber Aji.(Aji Jumantoro)

0 komentar:

Posting Komentar