Selasa, 12 Desember 2017

Cerita Pilu Di Brebes, Bayi 7 Bulan Meninggal Usai Ditolak Puskesmas

[gambar:ilustrasi]
Brebes-kabarjateng.com-Icha Selvia Bayi 7 Bulan, anak ke lima dari Ibu Emiti [32] tahun, warga Desa Sidamulya Kecamatan Wanasari Brebes akhirnya tak dapat terlolong dan meninggal dunia setelah mengalami sakit muntaber beberapa hari.

Ironisnya, Icha Selvia yang saat itu sedang mengalami sakit muntaber oleh orang tuanya telah di rujuk ke Puskesmas terdekat, namun karena di anggap tidak memiliki kelengkapan administrasi, oleh petugas Puskesmas di tolak.

Usai di tolak, di ceritakan oleh Ibu korban, kondisi Icha yang tidak tertangani medis makin melemah sehingga akhirnya  meninggal dunia pada minggu siang.[10/11/2017]

“Anak saya mengalami sakit sejak jum’at malam, sabtunya saya bawa berobat ke Puskesmas Sidamulya, namun oleh petugas kami di tolak dengan alasan kami tidak memiliki KK dan anak saya juga belum terdaftar KIS” kata Emiti Ibu korban.

Emiti mengakui saat itu dirinya tidak membawa salian KK, dirinya bingung karena meskipun membawa Salinan KK, nama anaknyapun belum terdaftar karena di anggap masih usia 7Bulan.

Emiti yang merupakan keluarga kurang mampu  tidak berani membawa anaknya ke rumah sakit dengan alasan tidak ada biaya,sedangkan suaminya juga lagi merantau.

Sementara Kepala Puskesmas Sidamulya, Dr.Arlinda mengakui ada kesalahan Standar Operasioanal Prosedur [SOP] yang di lakukan bawahanya, menurutnya seharusnya petugas lebih mendahulukan kedaruratan kondisi pasien ketimbang kelengkapan administrasi.

Dikatakanya ia telah melaporkan kepada Dinas Kesehatan Brebes terkait permasalahan di Puskesmas Sidamulya, menurutnya terkait sangsi apapun biar dari Dinas yang menentukan.[Red]

0 komentar:

Posting Komentar