Minggu, 03 Desember 2017

BPBD Jawa Tengah Terus Pantau Status Awas Gunung Agung Bali


Semarang-kabarjateng.com-Status awas gunung agung Bali yang dikeluarkan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi atau PVMBG Bali, sejak Tiga hari lalu, terus diikuti oleh Badan penanggulangan bencana Daerah Jawa Tengah.

Kepala Pelaksana Harian BPBD Provinsi Jawa Tengah, Sarwa Pramana menjelaskan terkait perkembangan status gunung agung terus diikuti hingga hari ini, sejak statusnya dinaikkan menjadi awas. hingga kini, belum ada intruksi pengiriman tim untuk membantu proses evakuasi warga bali.

“Jangan sampai kita kesana justru menganggu, yang dibutuhkan sdm dan alat yang baik untuk bisa meringankan beban warga Bali,” ujarnya di Semarang.

Dari informasi terakhir Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi atau PVMBG, Gunung Agung masih mengalami gempa tremor atau rentetan gempa vulkanik sebelum terjadinya ledakan. Hal ini menurut kalakhar BPBD Jateng, Sarwa Pramana, Tim Khusus evakuasi belum dibutuhkan.

Namun demikian, pihaknya sudah membentuk tim khusus penanggulangan bencana gunung meletus, yakni tim evakuasi, dapur umum, serta tim medis, dan akan dikirim ke Provinsi Bali jika sudah ada intruksi dari BPBD Pusat.

“Sampai saat ini bali masih tenang saja, pemberlakuan status awas pada hari pertama pengungsi sampai 2000 orang, namun sampai saat ini sudah bisa terkondisikan, kita nunggu intruksi dari Pusat”, tambahnya

Sejak tanggal 27 november lalu, status Gunung Agung di Provinsi Bali telah dinaikkan ke level awas,  tepatnya pukul 06.00 waktu setempat. Masyarakat diinformasikan untuk segera mengungsi dari zona berbahaya sesuai rekomendasi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi atau PVMBG Bali

Pada penetapan level tertinggi ini, PVMBG mengimbau masyarakat dan pengunjung tidak memasuki zona berbahaya. PVMBG  merekomendasikan zona berbahaya tidak boleh beraktivitas dalam radius 8 kilometer dari puncak dan sektoral barat daya,  selatan, tenggara, timur laut, dan utara dalam radius 10 kilometer.


Sumber Berita[http://beritajateng.net/gunung-agung-berstatus-awas-bpbd-jateng-belun-terima-instruksi-kirim-tim-bantuan/]

0 komentar:

Posting Komentar