Rabu, 15 November 2017

Selain lakukan Penghijauan, KPSA Wanalestari Munculkan Pulau Cemara Sawojajar Menjadi Destinasi Wisata


Brebes-kabarjateng.com- Sawojajar merupakan salah satu desa pesisir di Kecamatan Wanasari, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Berdasarkan data monografi desa, sekitar separuh dari penduduknya adalah nelayan dan petambak. Aktivitas pertambakan ini turut mempengaruhi kenampakan lahan berupa hamparan tambak di sepanjang pesisir Desa Sawojajar.

Kebijakan pemanfaatan lahan untuk budidaya tambak di masa lalu ternyata kemudian disadari turut mempengaruhi kerentanan wilayah ini terhadap abrasi dan banjir rob. Apalagi sepanjang pesisir Sawojajar minim akan penghijauan.
Atas inisiatif dari sebagian orang yang peduli dan prihatin dengan adanya kerusakan lahan pantai yang mengalami abrasi dan terdampak rob, dibentuklah kelompok tani yang bernama Kelompok Pelestari Sumberdaya Alam (KPSA) Wana Lestari pada tahun 1997.

Munasir, Ketua KPSA Wana Lestari berkisah bahwa dulu saat mulai mencoba menanam mangrove di pematang tambak dan pinggir sungai kerap mendapat cercaan dari warga sekitar. Banyak yang menganggap beliau kurang kerjaan dan mmembuang-buang waktu dengan menanam sesuatu yang tidak jelas gunanya.
Namun ketika masyarakat sudah mulai mengerti dan menyadari manfaat mangrove,kini banyak yang mendukungnya.
Kini sebagian kawasan mangrove yang sudah menghutan telah  dijadikan kawasan pariwisata dan pembelajaran mangrove yang terdiri dari wisata burung, wisata tracking dan terintegrasi dengan kawasan Pulau cemara.
Di katakan Munasir,sejak kawasan pulau Cemara dan hutan manggrove sawojajar di kelola menjadi Desa Wisata,setidaknya telah menjadi sumber pengharapan dari masyarakat desa Sawojajar untuk bisa meningkatkan perekonomian, meski saat ini belum di rasakan.
Munasir menambahkan, terbentuknya Pulau Cemara sebagai kawasan desa wisata masih membutuhkan tata kelola yang baik, di antaranya di katakan pasilitas yang ada belum mendukung secara maksimal. Hal itu selain Pulau Cemara baru di kenalkan sebagai tempat wisata, belum ada investasi dari luar dan hanya mengandalkan swadaya masyarakat.
Sementara Maspui, Pengelola Wisata Pulau Cemara sawojajar mengatakan “Dengan keindahan alam yang di tawarkan wisata pulau cemara, di antaranya Spot selfy, pemandangan sunset,hutan mangrove, pulau burung dan naik perahu menyusuri sungai hingga ke pulau cemara, kami yakin wisata pulau cemara Sawojajar akan menjadi wisata unggulan. Namun di katakanya, akses jalan serta pasilitas lain yang belum mendukung, sangat menjadi kendala saat ini.

Pihaknya berharap semua pihak kususnya pemerintah agar bisa melihat potensi wisata pulau cemara dan mendukung agar Pulau Cemara Sawojajar mampu menjadi wisata unggulan bahkan tidak menutup kemungkinan Go Internasional.[Roni]

0 komentar:

Posting Komentar