Rabu, 25 Oktober 2017

Kampung Pelangi, Wisata Terbaru Waduk Malahayu Banjarharjo Brebes


Brebes, kabarjateng.com-Kampung pelangi mungkin bukan yang pertama kali di Indonesia, namun keberadaan  kampung pelangi di Dukuh Balsiah Banjarharjo telah merubah wajah Desa menjadi karya seni mural kreatif menghiasi dinding dinding rumah warga di sekitar obyek wisata waduk malahayu Banjarharjo Brebes. Jawa Tengah.

Rintisan Kampung pelangi Di Desa Wisata Malahayu. Merupakan sebagian Distinasi wisata yang ada di Malahayu selain wisata alam, Wisata buatan, wisata edukasi, wisata kuliner, maupun wisata tradisi/budaya masyarakat Malahayu.

Menurut Yulianto Hadi 30 tahun, sekertaris Pokdarwis [kelompok sadar Wisata] Geger Halang, sebuah kelompok masyarakat yang peduli sadar wisata, awalnya pelaksanaan kampung pelangi yang di biaya dari swadaya warga sekitar bermula ketika keinginan adanya lebih banyak lagi menarik pengunjung ke Waduk Malahayu dan mendukung sebuah destinasi wisata,

Dari situ lah ide membuat Desa Banjarharjo yang awalnya biasa saja, menjadi sebuah Kampung Pelangi dengan warna-warni yang cantik. Meski buka kampung warna-warni pertama di Indonesia, namun Kampung Pelangi Malahayu ini telah menyedot perhatian publik.dengan telah banyaknya pengunjung maupun warga sekitar yang mengupload ke media sosial.

Yulianto Hadi mengawali ide Pengecatan warna warni Kampung pelangi ini juga terinspirasi oleh setidaknya 3 kota lain di Indonesia. 
Sampai sekarang ini tak kurang sekitar puluhan rumah di Dukuh Balsiah Banjarharjo telah menjadi karya seni. Mural kreatif yang menghiasi dinding lorong  menerobos kehidupan, memberi nadi kehidupan ke seluruh desa yang awalnya hanya sebuah desa biasa.[Roni]

0 komentar:

Posting Komentar