Senin, 16 Oktober 2017

Budaya Gotong Royong Mulai Tumbuh di Lokasi TMMD

Brebes - Berbagai pihak mulai melihat tumbuhnya kembali budaya gotong royong di Desa Cikuya seiring dengan pelaksanaan TMMD Reguler ke- 100 Kodim 0713/Brebes di desa tersebut. ''ALhamdulillah, budaya gotong royong kembali bergairah seiring dengan pelaksanan TMMD di desa kami,'' ujar Kades Cikuya, Sekod.



Menurutnya, kegiatan TMMD merupakan konsep bagus, dimana mempertemukan dan mendekatkan hubungan yang harmonis antara TNI dan rakyat. Sejak ada TMMD, di setiap harinya terlihat begitu antusias masyrakat Desa Cikuya dalam bergotong royong bersama TNI. Salah satunya di pembangunan jalan penghubung Desa Cikuya dengan Desa Kemutug kidul.

Dikemukakan , tampaknya TMMD merupakan perwujudan filosofi gotong royong masyarakat Cikuya yakni membangun bersama-sama TNI. Dari situ tercermin, bahwa hakekatnya TNI dan rakyat menjadi bagian tak terpisahkan dalam rangka membangun kesejahteraan dan mempersempit kesenjangan.

Dengan TMMD ini, masyarakat yang kurang mampu dan berada di pelosok menjadi sangat terbantu karena memperoleh bantuan pemerintah dan TNI.

Ditambahkan, TMMD merupakan program kelanjutan dari program ABRI Masuk Desa atau AMD yang dimulai sejak 1980. TMMD merupakan program lintas sektoral yang melibatkan dan memadukan berbagai unsur seperti TNI, kementerian/lembaga pemerintah non kementerian, pemerintah daerah serta elemen masyarakat. (pendim Brebes)

0 komentar:

Posting Komentar