Jumat, 29 September 2017

Puluhan Tahun Terisolir,Dua Dusun Di Brebes Kini Memilik Akses Jalan

Kabarjateng.com,Brebes: Melalui program TMMD Regional ke 100, TNI Kodim 0713 Brebes membuka dan membangun jembatan jalur dua Dusun yang terisolir di Desa Cikuya Kecamatan Banjarharjo Kabupaten Brebes. 

Dua Dusun yang terisolir puluhan tahun dengan jumlah penduduk sekitar 1.500 jiwa yaitu dusun Cikuya dan Dusun Kopi yang masuk wilayah Kecamatan Banjarharjo Kabupaten Brebes.

Sebelumya masyarakat di kedua dukuh tersebut menjalani aktivitas harus dengan memutar melalui Desa tetangga, yaitu Desa Cikeusal Lor yang masuk wilayah Kecamatan Ketanggunan. 

Masyarakat yang terisolir puluhan tahun tersebut kini merasa bangga dan senang atas di bangunya jembatan dan jalan penghubung dua dusun di Desa Cikuya tersebut. hal itu seperti di ungkapkan oleh Sekod, Kepala Desa Cikuya.

 “kami sangat bangga dan senang atas di bangunya akses dusun kami yang telah puluhan tahun terisolir, mewakili masyarakat, kami mengapresiasi program TNI melalui TMMD, dan rasa terimakasih atas kepedulian TNI” ungkap Sekod. 

Lebih lanjut Sekod menyampaikan, Cikuya dari pusat kota Brebes berjarak 40 Km dan Dukuh Kopi (625 KK) dan Dukuh Cikuya (750 KK) masih terisolir. 

Selama ini warga di kedua dukuh tersebut dalam menjalani rutinitas berkebunnya, apalagi jika jalan licin harus memutar melalui Desa Cikeusal Lor Kec. Ketanggungan. 

Sementara Dandim 0713/Brebes Letkol Inf Ahmad Hadi Hariono dalam persiapan pembukaan TMMD menyampaikan. Pelaksanaan TMMD Reg Ke-100 Kodim 0713/Brebes salah satunya membangun infrastruktur jembatan, pengaspalan jalan dan pengerasan jalan (Makadam) yang akan menjadi akses menuju ke areal perkebunan yang baru bagi masyarakat Dukuh Kopi dan Cikuya. Banjarharjo.

 “sebelumnya masyarakat Dukuh Kopi dan Cikuya harus menyeberangi sungai jika akan beraktivitas. Jika kondisi cuaca cerah, maka jalan yang menanjak dilokasi dapat dilalui, namun jika hujan turun, jalan tanjakan susah dilalui dikarenakan sangat licin, terlebih kendaraan harus masuk ke sungai dahulu sebelum menanjak.” Kata Ahmad Hadi Hariono. 

Dengan mengacu ketertinggalan kedua dusun tersebut maka Pemkab. Brebes melalui TMMD Reguler Kodim 0713/Brebes memilih Desa Cikuya sebagai target TMMD Reguler kali ini, 

TNI akan memperbaiki jalur di kedua dusun yang terisolir tersebut. Dan Alhamdulillah jembatan yang dibangun saat Pra TMMD sudah dapat dilalui warga tinggal finishing, Para Tekhnisi kami yang dibantu warga sedang sengkuyung mengerjakan Talut jalan, Lanjut Hariono.[RN]


EmoticonEmoticon