Sabtu, 19 Agustus 2017

Kini Indonesia Mampu Ekspor Bawang Merah


Kabarjateng.com,Brebes: Untuk memenuhi kebutuhan pasar, sebelumnya Indonesia justru impor bawang merah dari Thailand, namun sejak Januari 2017 Indonesia telah mampu ekspor bawang merah kebeberapa negara hingga mencapai 657.3 ton.

Negara tujuan ekspor bawang merah terbanyak ke Thailand disusul Vietnam, Taiwan, Malaysia, Singapura, Timor Leste dan negara lainya.

Menteri Pertanian[Mentan] Andi Amran Sulaiman pada pelepasan ekspor bawang merah di Brebes Jawa tengah,Jumat [18/8] mengatakan,”Di tahun 2017 ini, Indonesia mampu membalikan keadaan, kini justru Indonesia mampu mengekspor bawang merah ke Thailand sebanyak 5.600 ton senilai USD 8,5 juta atau setara Rp.100 milyar” terang Mentan.

Amran menegaskan, ekspor bawang merah ke Thailand tersebut merupakan prestasi pembangunan pertanian di era pemerintahan Jokowi-JK, sekaligus sebagai kado manis pada momentum Hari Ulang Tahun [HUT] Kemerdekaan RI ke 72.

Acara Pelepasan ekspor bawang merah, Menteri Pertanian di dampingi Pangdam IV/Diponegoro, Mayjen TNI Tatang Sulaiman, Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Condro Kirono, Bupati Brebes Hj.Idza Priyanti, Dirjen Perdagangan Luar negeri, Deputi Bidang Pertanian Menko Perekonomian dan Dirjen Hortikultura Kementan.

Ekspor di lakukan secara bertahap dan di tahap awal sebanyak 12 kontainer di berangkatkan. Bawang merah yang di ekspor tidak semua dari Brebes, beberapa di ambil dari Bima dan Sumbawa.[Roni]


EmoticonEmoticon