Senin, 17 Juli 2017

Wisata Curug Rambukasang Ciseureuh Yang Menantang

Kabarjateng.com, Brebes - Ciseureuh adalah sebuah Desa di kecamatan Ketanggungan, Brebes, Jawa Tengah, Indonesia.

Desa Ciseureuh merupakan salah satu Desa Yang adat istiadat berbudaya sunda,meski terletak di Propinsi Jawa Tengah, bukan berarti bahasa yang dipakai masyarakat Desa ciseureuh adalah bahasa jawa,melainkan adalah bahasa Sunda seperti mayoritas masyarakat sunda di Jawa Barat.

Letak wilayah Desa Ciseureuh terletak di bagian selatan Kecamatan Ketanggungan Kabupaten Brebes memanjang dari utara ke selatan, lebih tepatnya berada dikaki gunung Kumbang atau gunung Segara.

Wilayah Desa Ciseureuh didominasi perbukitan, berbeda dengan daerah Brebes pada umumnya yang bercuaca panas. Desa ciseureuh bisa sangat dingin disaat musim hujan, dan dengan adanya hembusan angin yang datang dari lereng Gunung Kumbang saat musim kemarau yang oleh masyarakat Brebes dinamakan angin kumbang ( jenis angin fohn ) yang hembusannya cukup sejuk sehingga cocok untuk tanaman bawang merah dan cabe.

Terdapat satu bendungan irigasi yang sangat berperan dalam pertanian, walaupun saat ini pada musim hujan terkadang aliran airnya sangat deras tapi saat kemarau bisa cukup kering, dikarenakan hutan dibagian hulu sungai sudah mulai gundul karena penjarahan.

Ekstrimnya sepadan elokmu, banyak pesona yang bisa dijelajahi di Ketanggungan selatan, contohnya jalur ekstrim curug Rambukasang Ciseureuh. membutuhkan waktu sekitar 2-3 jaman dari pasar Ketanggungan, tergantung keahlian anda menyetir.

Bermain sambil nyanyi 'Naik-Naik ke Puncak Gunung' untuk orang kota sangat cocok sekali bila mendaki kesini.

Perjalanan dengan mengendarai motor roda dua hanya membutuhkan 2 liter bensin.

Curug ini terletak dekat SDN 2 Ciseureuh, nama desa yang susah dilafalkan.
Sepanjang jalan matamu akan termanjakan hijaunya hutan dan ramahnya penduduk lokal. Tiap berpapasan senyuman warga dan bunyi klakson yang menyapa.

Ketemu Curug (Air Terjun) yang indah, lihat gambar, dan lihat kesana dengan mata kepala sendiri. (Kartininews.com)

0 komentar:

Posting Komentar