Rabu, 05 Juli 2017

Prioritaskan Kepuasan Pengunjung, Pengelola Obyek Wisata Waduk Malahayu Suguhkan Kenyamanan Dan Keindahan

Kabarjateng.com, Brebes : Kabupaten Brebes dengan wilayah terluas ke dua di jawa Tengah memiliki begitu banyak Obyek Wisata[OW] yang dapat di kunjungi,Salah satunya adalag OW Waduk Malahayu, Waduk terbesar peninggalan colonial Belanda yang di bangun sekitar tahun 1930, pemerintah daerah setempat mengembangkan kawasan waduk malahayu sebagai kawasan wisata unggulan.

Obyek wisata Waduk Malahayu yang terletak di dekat perbatasan Jawa Tengah-Jawa Barat, tepatnya di Desa Malahayu Kecamatan Banjarharjo Kabupaten Brebes mudah di jangkau wisatawan.

Dengan lokasi yang tidak jauh dari jalan pantura, petunjuk arah cukup jelas dengan kondisi jalan yang sangat bagus hingga menuju lokasi.

Memasuki gerbang wisata Waduk Malahayu, wisatawan di pungut biaya retribusi sekaligus petugas akan mengarahkan kendaraan parkir di tempat yang telah di sediakan pengelola.

Di dekat area parkir, pengelola telah menyediakan arena wisata bermain, seperti sepeda air, bola air, kereta mini, arena joging taman rakyat dan wisata kulinernya dengan ikan bakar dan lalapan.

Untuk menuju titik lokasi Waduk Malahayu, dari area Parkir pengunjung cukup berjalan kaki sekitar 200 meter.

Di lokasi untuk menuju tepi waduk, pengunjung harus menaiki tangga dahulu hingga tampak mata anda akan di manjakan pemandangan indahnya luasnya waduk, pohon pohon yang tumbuh tinggi lebat, sejuknya udara dengan semilirnya hembusan angin.

Sebagian pengunjung memanfaatkan tempat ini dengan duduk duduk di bawah pohon maupun berada di gubug gubuk warung sambil menikmati minuman maupun wisata kulinernya dengan ikan nila bakar sebagai menu andalan.

OW Waduk Malahayu juga melengkapi arena wisata pemandian air deras, dan bagi pengunjung yang suka tantangan untuk memacu andrenalin, pengelola telah menyediakan arena arum jeram.

Erna[30th] salah satu wisatawan asal ketanggungan mengatakan”sudah beberapa kali kami kesini, kali ini saya bawa rombongan untuk menikmati liburan lebaran sekaligus menikmati pemandangan waduk malahayu” terang Erna.

Erna juga mengungkapkan jika selama ini di OW Waduk Malahayu pengelola telah menyugukan suasana yang nyaman, bahkan dengan Harga Tiket Masuk [HTM] 8 ribu rupiah di hari biasa dan 10 ribu rupiah saat lebaran merupakan harga yang sangat terjangkau bagi pengunjung.

Selama musim liburan pada lebaran 2017, pengunjung Obyek Wisata Waduk Malahayu, selain dapat menikmati pemandangan maupun arena bermain yang ada, pengelola OW Malahayu melalui Kelompok sadar wisata[Pokdarwis] menyuguhkan panggung music.

Yulianto, Ketua Pokdarwis kepada Kabarjateng.com mengatakan,”Pokdarwis sebagai yang di tugaskan mengelola selama libuan lebaran tahun ini, melalui itikad Bersama kami merangkul semua yang ada, baik Pemerintah Desa, tokoh masyarakat, pemuda dan masyarakat sekitar” tandanya.

Melalui kebersamaan kami ingin menciptakaan obyek wisata malahayu menjadi destinasi wisata unggulan di brebes, dengan memperbaiki potensi yang ada dan melengkapi, dengan memprioritaskan kepuasan pengunjung.

Di bentuknya Pokdarwis, kami bukan saja hanya tampil saat musim liburan, tapi kami telah komitmen dan bertekad untuk bisa memberikan kontribusi bagi kemajuan dan pembangunan OW Waduk Malahayu, tegas Yulianto.

 Yulianto yang di dampingi pengurus harian dan beberapa petugas lain menegaskan, selain menyuguhkan potensi yang ada, pengelola juga telah membentuk wisata edukasi, bagi pengunjung yang akan menikmati wisata edukasi pengelola telah bekerjasama dengan masyarakat sekitar untuk bisa mendampingi pengunjung, di antaranya pengunjung bisa ikut bercocok tanam, maupun mengelola budidaya ikan.[KJ]


EmoticonEmoticon