Selasa, 27 Juni 2017

Ingat..!! Mulai Per 1 Agustus Akan Ada Pengeringan Total Saluran Sungai Pemali Hilir

(Foto Ilustrasi)
Kabarjateng.com, Brebes – Dihimbau kepada petani di wilayah Brebes utara, kususnya petani pemakai air di saluran pemali hilir, agar tidak menanam tanaman yang memerlukan air cukup, pasalnya per 1 Agustus hingga akhir November ada pengeringan total di area 275.000 hektar.

Hal tersebut di sampaikan Ketua Gabungan Perkumpulan Petani Pemakai Air [GP3A], Wahkyani di sela sela acara silaturahim kepada rekan rekan media dan LSM beberapa waktu lalu.

Wakyani menegaskan, jika pengeringan total di maksud guna memaksimalkan proyek pekerjaan normalisasi pemali hilir multiyears [Tahun jamak] yang menelan anggaran sekitar Rp.237 miyar di sepanjang aliran sungai pemali hilir.

Dikatakanya selama ini pelaksanaan proyek masih menemui beberapa kendala, salah satunya adalah pengaturan irigasi yang berebut dengan petani, sehigga guna memaksimalkan pelaksanaan harus ada pengeringan total.

Di pilihnya pengeringan pada bulan agustus menurutnya selain saat tersebut tidak produktif untuk pertanian [kemarau red], petani juga jarang yang bercocok tanam.

” Jika di paksakan untuk tidak adanya pengaturan irigasi, tentunya menghambat pekerjaan dan dikhawatirkan tidak akan mencapai target yang telah di tentukan” terang Wakyani.

Dalam giat tersebut, perwakilan dari PT. Hutama Rudi Jaya [HRJ],Aris Budi santoso juga turut hadir, dalam kesempatanya Aris menambahkan, kendala pelaksanaan proyek normalisasi pemali hilir di brebes saat ini selain pengaturan irigasi, beberapa kendala juga menghambat pelaksanaan, di antaranya belum di bebaskanya bangunan yang berdiri di sisi sungai dan beberapa akses jalan yang tidak bisa di lalui pengiriman material ke lokasi.

Di katakanya “Banyak bangunan liar kalau segera tidak di tangani, pekerjaan tidak akan maksimal”tandas aris.

 “ masih banyak kendala yang menghambat selama ini dalam pelaksanaan pekerjaan, selain pengaturan irigasi, pembebasan lahan dan material yang harus di langsir ke lokasi, pekerjaan ini adalah saling berkaitan, tidak seperti pembangunan bendungan yang hanya satu titik, Namun kami yakin jika ada pengeringan total akan mencapai target waktu yang di tentukan, oleh dari itu kami meminta dan berharap dukungan kepada semua pihak untuk bisa membantu mensukseskan program tersebut, kususnya kepada pemerintah daerah sebagai penerima program” terang Aris Budi Santoso.

Sementara Carudin, anggota komisi pembanguanan DPRD Brebes dari Praksi PDIP di tempat terpisah mengatakan “ demi mensukseskan program pembanguanan, tentu kami sebagai wakil rakyat mendukung, namun kami menyayangkan, jika akan ada pengeringan total, dan itu tentu melibatkan hajat orang banyak, mestinya ada kordinasi dulu dengan eksekutif maupun legislatif , namun hingga saat ini belum ada kordinasi dari pihak manapun tentang akan adanya pengeringan total” bebernya.

0 komentar:

Posting Komentar