Senin, 03 April 2017

Nasib Petani Bawang Merah Brebes Tak Seharum Aromanya


Kabar Jateng.com-Brebes-Selain telor asin, bawang merah merupakan produk unggulan Kabupaten Brebes, bahkan dua produksi pertanian unggulan brebes tersebut telah menancap pada brebes sebagai aikon Kabupaten Brebes,

Namun miris, petani yang telah menjadikan brebes sebagai penghasil bawang merah terbaik, justru nasibnya tak seharum aroma bawang merah yang di hasilkanya, hal tersebut seperti di ungkapkan Ketua Asosiasi Pemberdayaan Petani Bawang Merah Indonesia (APP BAMINDO) Jawa Tengah, Tarmidi. Kepada Kabar Jateng.com

Tarmidi mengatakan,"nasib para petani bawang merah di brebes tak seharum aroma yang di hasilkanya, petani bawang merah belum bisa menikmati hasil yang maksimal dari harga penjualan pasaran, hal tersebut karena banyak faktor yang mempengaruhi, salah satunya harga di permainkan oleh spekulan atau pedagang yang memiliki modal besar" beber Tarmidi.

Selain itu menurutnya perlu adanya peran serta bersama dalam pembenahan kebijakan untuk mensejahterakan petani bawang itu sendiri, di antaranya pembinaan, permodalan, pengelolaan dan kebijakan pemerintah, peran serta para stakeholder perlu di libatkan, dan yang paling penting perlunya memangkas beberapa mata rantai distribusi pemasaran, dengan mekanisme hili-hulu.

Dengan menerapkan beberapa hal, Tarmidi meyakini, kesejahteraan petani bawang merah , kususnya petani kecil dengan penggarapan lahan di bawah ½ hektar dapat di tingkatkan.

Dikatakanya, saat ini APP Bamindo sendiri telah melakukan upaya pembenahan dengan membentuk beberapa kelompok petani, guna menjalin kerjasama dengan beberapa perusahaan, organisasi dan lembaga pemerintah.

Dirinya yang mewakili kelompok petani bawang merah Brebes, beberapa waktu lalu telah di undang sebagai narasumber dalam diskusi public tetang nasib petani bawang merah, yang di gelar Majelis Pemberdayaan Masyarakat (MPM)PP Muhamadiyah di Jakarta.

Melalui diskusi publik, beberapa poin penting telah di sepakati, salah satunya MPM PP Muhamadiyah bersedia menjadi patner dalam memberikan pembimbingan dan permodalan dalam pengelolaan tanam bawang merah yang baik dan benar

Dengan kesepakatan tetsebut dirinya berharap mampu meningkatkan kesejahtetaan petani bawang merah brebes.


EmoticonEmoticon