Sabtu, 11 Maret 2017

Tahun ini 2700 PNS Pensiun, Pemrov Jawa Tengah Kekurangan 8000 PNS

Foto PNS
Kabarjateng.com, Berita - Sekitar 2700 pegawai negeri sipil (PNS) disemua tingkatan mulai staf sampai pejebat eselon II akan memasuki masa pensiun di tahun ini. Jumlah tersebut sudah termasuk adanya tambahan pegawai dari kabupaten/kota ke provinsi.

Seperti apa yang disampaikan oleh Kepala Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Jawa Tengah, Arief Irwanto di Semarang, "Ribuan PNS yang akan pensiun ada 941 orang dari pegawai pemrov, sedangkan selebihnya mayoritas adalah guru yang mengajar di 597 SMA/SMK di Jawa Tengah".

"Dan sebagian lainnya adalah dari kehutanan, ketenagarakerjaan, perhubungan, dan lainnya," Imbuhnya.

Arief Irwanto menjelaskan, secara keseluruhan Pemrov Jateng masih kekurangan sekitar 8000 PNS. Kekurangan tersebut baru perhitungan di akhir tahun 2016, belum termasuk tambahan dari hasil jumlah pegawai yang akan pensiun dari kabupaten/kota.

Ia juga memperkirakan jumlah PNS dalam lima tahun kedepan hanya tersisa 60 persen karena banyak pegawai yang akan pensiun, sedangkan penerimaan PNS masih belum bisa dilakukan.

Menurut dia, kekurangan jumlah PNS itu tentu mengurangi kualitas pelayanan dari pemerintah ke masyarakat.

"Di sisi lain, banyak dinamika pembangunan yang harus dihadapi, baik antarpemerintah daerah di kawasan regional maupun terkait layanan publik," katanya.


EmoticonEmoticon