Rabu, 08 Maret 2017

Kasus Anggota Polisi Bripda Afif Ditangani Ditangani Polda Jawa Tengah


Kabarjateng.com, Purwokerto - Akhir-akhir ini sebuah video viral difacebook yang melibatkan seorang polisi Polres Purbalingga membuat para netizen heboh dan kini kasunya telah ditangani oleh Polda Jawa Tengah.

Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Condro Kirono menyatakan, kejadian yang dilakukan Bripda Afif terjadi pada Kamis (2/3) lalu telah melanggar Standar Operasional Prosedur (SOP) kepolisian. 

Dalam melaksanakan tugasnya, Bripda Afif dinilai tidak profesional. “Bripda Afif tidak menjalankan tugas sesuai SOP yang berlaku, bahkan dari video tersebut Birpda Afif terlihat bersama-sama masyarakat melakukan tindakan yang tidak terpuji,” tutur Kapolda. 

Untuk menangani kasus ini, Polda Jawa Tengah turun tangan dan menarik kasus tersebut ke ranah Polda. Selanjutnya, Bripda Afif harus menjalani pemeriksaan di Polda Jawa Tengah. “Senin (6/3) kemarin sudah dilakukan pemeriksaan, kita lihat hasilnya mungkin besok atau lusa kita sudah bisa sampaikan,” ungkapnya. 

Menurut Kapolda, apa yang dilakukan oleh Bripda Afif merupakan sebuah pelanggaran disiplin dan kode etik. “Akan diberikan sanksi sesuai aturan yang berlaku, ini adalah pelanggaran disiplin dan kode etik,” tegas Kapolda. 

Sebuah video viral sempat menghebohkan Purbalingga dan sekitarnya beberapa hari yang lalu. Dalam video tersebut, terdapat aksi kekerasan yang dilakukan oleh masyarakat dan seorang polisi terhadap pengendara mobil Avanza nopol B 1182 NKJ. 

Seorang pengemudi yang diketahui bernama Waskito (23) warga Brobot, Bojongsari dilaporkan mengendarai mobilnya dengan ugal-ugalan. Akhirnya, mobil tersebut berhasil dihentikan di perempatan Karangkabur. 

Setelah dihentikan warga, Bripda Afif yang saat itu sedang berada di bengkel dekat lokasi, berusaha mengamankan pengendara dari amukan massa. Namun, ada sebuah kesalahan prosedur yang dilakukan oleh Bripda Afif. 

Dalam video tersebut, Bripda Afif terlihat memukul dan menendang Waskito beberapa kali. Dalam mengamankan Waskito dari amukan massa, juga terdapat sebuah kesalahan dimana Bripda Afif terlihat menjambak rambut Waskito.
*radarbanyumas


EmoticonEmoticon