Minggu, 05 Maret 2017

Empat Taman Di Jepara Akan Direnovasi

Tahun ini Pemkab Jepara akan merenovasi empat taman dari 64 taman yang dikelola oleh Pemkab Jepara. Pemkab Jepara telah meyiapkan anggaran yang cukup untuk keempat tama tersebut.

Keempat taman tersebut yakni Taman Kanal, Taman Segitiga Kembang, Taman Makam Pahlawan dan Taman Batas Welahan - Demak.

Kadinas Lingkungan Hidup Jepara Fatkhurrahman melalui Kabid Kebersihan dan Pertamanan, Isnan Haryoko menjelaskan, pihaknya fokus memperbaiki, membangun dan memaksimalkan fungsi dari keempat taman tersebut.

“Selain lokasinya yang strategis sehingga kerap dikunjungi warga, revitalisasi dilakukan agar pusat keramaian tak selalu di Alun-alun Jepara (pusat kota),” jelasnya.

Selain itu Isnan menjelaskan tujuan lainnya adalah untuk memecah keramaian. Dia mencontohkan Taman Segitiga Kembang misalnya, nantinya bisa menjadi ikon bagi masyarakat di wilayah Jepara Utara.

“Sementara di selatan, Taman Batas Welahan - Demak jika sudah selesai pembangunannya diharapkan juga menjadi pusat keramaian baru,” kata Isnan.

Untuk revitalisasi Taman Kanal, Pemkab menganggarkan dana senilai Rp 400 juta untuk penambahan sejumlah fasilitas dan beberapa perbaikan. Adapun Taman Makam Pahlawan dianggarkan Rp 500 juta yang difokuskan untuk penyelesaian pembuatan gardu pandang.

Taman Batas Kota Welahan - Demak yang terletak tepat di seberang Terminal Welahan proses pembangunan sudah dimulai tahun lalu dengan anggaran awal Rp 1,5 miliar.

“Anggaran sebanyak itu baru untuk pembangunan fondasi dan dasar infrastruktur. Sedangkan tahun ini dianggarkan Rp 3 miliar untuk melanjutkan pembangunan,” jelasnya.

Selain dibangun sebuah monumen yang memuat figur ukiran macan kurung dan alat ukir (tata dan palu), taman itu juga akan dilengkapi area parkir dan hutan. Itu untuk memastikan agar ada ruang parkir yang cukup bagi pengunjung. Hanya saja, saat ini konsultan tengah mengubah desain. Lantaran di desain awal memang tidak disediakan ruang untuk area parkir.

“Tinggi total monumen 28 meter. Tahun depan kemungkinan taman dan monumennya sudah jadi. Taman di Welahan itu diproyeksi akan menjadi ikon baru Jepara,” tambahnya.


EmoticonEmoticon