Selasa, 07 Maret 2017

Bus Trans Semarang UNDIP-UNNES Akan Beroprasi Akhir Maret


Kabarjateng.com, Semarang - Badan Layanan Umum (BLU) Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Trans Semarang memastikan pengoperasian Koridor VI, salah satu dari dua koridor baru, dapat dilakukan akhir Maret 2017. "Untuk Koridor VI, lelangnya sudah berjalan di Unit Layanan Pengadaan (ULP). Nanti, 24 Maret 2017 sudah diketahui pemenangnya," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala BLU UPTD Trans Semarang Agung Nurul Falaq di Semarang, kemarin.

Menurut dia, penanda tanganan kontrak dengan pemenang lelang yang menjadi operator Koridor VI akan dilakukan saat itu juga, sekaligus pengoperasian koridor yang melayani rute dua kampus perguruan tinggi negeri (PTN) di Semarang itu.

Dikutip dari Antara, koridor VI Trans Semarang melayani rute kampus Universitas Diponegoro Semarang (Undip) yang berada di kawasan Tembalang menuju Universitas Negeri Semarang (Unnes) yang berada di kawasan Sekaran, Gunungpati pulang-pergi (PP).

"Sementara ini, bicara Koridor VI dulu yang akan selesai lelang. Sebenarnya, lelang sudah diajukan sejak Desember 2016, tetapi tertunda karena ada pergantian organisasi perangkat daerah (OPD) di Pemerintah Kota Semarang," katanya.

Maka dari itu, kata dia, pada Januari 2017 baru dilakukan pembahasan mengenai lelang dengan ULP Pemkot Semarang, termasuk menyepakati persyaratan dan jaminan untuk pelaksanaan lelang dua koridor baru Trans Semarang itu.

Saat ini, Trans Semarang sudah mengoperasikan empat koridor untuk melayani transportasi masyarakat, yakni Koridor I yang melayani rute Mangkang-Penggaron PP, Koridor II yang melayani rute Terminal Terboyo-Sisemut, Ungaran PP.

Kemudian, Koridor III Trans Semarang yang menghubungkan rute Pelabuhan Tanjung Emas-Sisingamaraja (Akademi Kepolisian) PP, serta Koridor IV yang melayani jurusan Cangkiran-Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang PP.

Selain Koridor VI, Trans Semarang juga berencana mengoperasikan Koridor V yang merupakan koridor baru melayani rute Meteseh-PRPP PP, tetapi terus molor rencana pengoperasiannya dari yang sudah dirancang sebelumnya. "Kalau untuk Koridor V rencananya dioperasikan 5 April 2017. Kalau tidak ada banding dalam proses lelang dan kendala lainnya. Ya, sementara ini kami siapkan Koridor VI yang menghubungkan kampus Undip dan Unnes," kata Agung.


EmoticonEmoticon